Saturday, August 15, 2015

Tak Selamanya Muntah Di Pagi Hari Adalah Pertanda Kehamilan



Bagi wanita, munculnya perasaan mual atau muntah di pagi hari biasanya merupakan tanda terjadinya kehamilan atau yang biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Namun ternyata muntah dan mual di pagi tidaklah selalu menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil. Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk, banyak faktor yang menyebabkan Anda muntah terutama pada wanita.

"Ketidakseimbangan hormon, naiknya asam lambung, jadwal tidur yang tidak teratur, stres atau depresi bisa menjadi penyebab Anda muntah di pagi hari," ujar Dr Brian Morton dari AMA Council of General Practice. "Sebagai contohnya, ketidakmampuan otak dalam melepaskan hormon adrenalin atau hormon serotonin saat Anda bangun di pagi hari bisa membuat Anda mual. Hal ini terutama terjadi pada wanita yang selalu memiliki siklus hormonal setiap bulannya."

Dia juga menjelaskan bahwa muntah di pagi hari juga tidak selalu terjadi pada wanita. "Pria pun bisa mengalaminya karena kenaikan asam lambung yang drastis terutama jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan bersifat asam malam harinya. Beberapa contoh dari makanan yang tinggi asam adalah karbohidrat, protein kompleks, dan makanan rendah serat lainnya."

Untuk mencegah naiknya asam lambung di pagi hari, Dr Morton pun menyarankan agar Anda sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi makanan terlalu berat di malam harinya.


Cara Baca Hasil USG Kehamilan

Saat ibu hamil kontrol rutin untuk memeriksakan kandungan, dokter akan mencetak hasilnya dan memberikannya untuk Anda. Setelah itu do...