Monday, November 10, 2014

Fakta Keputihan Selama Kehamilan


Anda harus mengetahui, mana keputihan yang wajar dan tidak selama kehamilan. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Cairan ini biasanya tidak berbau dan berwarna putih.

Cairan ini berisi sel-sel tua yang luruh dari leher rahim dan dinding rahim. Selain itu, terdapat pula bakteri yang berasal dari vagina.

Keputihan ini tak hanya dialami oleh sebagian perempuan dalam kondisi normal, tetapi selama juga bisa terjadi.

Nah, bila Anda mengalami hal tersebut selama kehamilan, tak perlu khawatir. Kecuali bila keputihan tersebut terdapat bercak darah, barulah segera memeriksakan diri ke dokter.

Berikut beberapa fakta keputihan selama kehamilan yang perlu Anda ketahui.

1. Tanda awal kehamilan Peningkatan cairan vagina atau keputihan adalah salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini terjadi karena sekresi hormon estrogen meningkat ketika Anda hamil.

2. Peningkatan aliran darah selama kehamilan, suplai darah ke daerah vagina hampir dua kali lipat. Itulah sebabnya, wajar bila selama kehamilan mengalami jumlah keputihan menjadi berlebih.

3. Masalah hormonal Semakin banyak jumlah hormon dalam tubuh, akan semakin banyak jumlah keputihan yang Anda akan miliki. Selama kehamilan, ada sekresi berlebihan dari hormon seperti estrogen dan progesteron dan itulah sebabnya, Anda memiliki lebih banyak debit keputihan selama kehamilan.

4. Tanda persalinan Jika Anda tiba-tiba memiliki banyak keputihan menjelang akhir kehamilan, maka itu bisa menjadi tanda-tanda persalinan. Periksa keluarnya darah dalam rangka untuk melihat apakah Anda akan melahirkan.

5. Sumbatan lendir Lendir yang menutup rahim selama kehamilan terdiri dari unsur-unsur cairan putih. Namun, terlihat berbeda dengan sumbatan lendir yang tampak seperti putih telur. Ketika leher rahim menipis dan melebar, Anda akan kehilangan sumbatan lendir.

6. Keluarnya darah dari vagina Memiliki debit darah selama implantasi janin adalah umum terjadi. Anda mungkin juga melihat debit darah melesat sebelum persalinan. Namun bila perdarahan terjadi selama kehamilan, itu bukanlah yang normal. Karenanya, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah risiko terburuk.


Sumber: Suara.com 
Image:tokopengencangpayudara.com

Cara Baca Hasil USG Kehamilan

Saat ibu hamil kontrol rutin untuk memeriksakan kandungan, dokter akan mencetak hasilnya dan memberikannya untuk Anda. Setelah itu do...